Header web 2022

acopta.png

logo jdih

logo zoom ptsp

Written by Super User on . Hits: 1339

Sejarah Pengadilan Agama Bajawa

Sejarah Pengadilan Agama Bajawa

Pengadilan Agama Bajawa secara resmi melakukan fungsinya adalah mulai tanggal 10 Mei 1985. Sebelum berfungsinya Pengadilan Agama Bajawa ini, para pencari keadilan di wilayah Kabupaten Daerah Tingkat II Ngada yang akan menyelesaikan perkaranya di Pengadilan Agama, harus datang di Pengadilan Agama di Ende, yang memang wilayah hukumnya sangat luas meliputi seluruh daratan Flores dan beberapa pulau lain di sekitarnya yang termasuk wilayah hukum Pemerintah Daerah di wilayah ini. 

 Di awal menjalankan fungsinya ini, Pengadilan Agama Bajawa baru memiliki dua orang pegawai, masing-masing Drs. Abd Manaf, NIP 150218660 dan Drs. A. Saefullah, NIP. 150218797. Keduanya masing-masing sebagai pelaksana untuk pekerjaan Ketua dan Panitera Kepala di Pengadilan Agama Bajawa ini. Semuanya berasal dari Jawa Barat dan dari Perguruan Tinggi yang sama,yaitu fakultas Syari’ah IAIN Jakarta.

Di saat mulai berfungsinya, Pengadilan Agama Bajawa ini belum mempunyai gedung, dan oleh karena itu menumpang di Kantor Urusan Agama Kecamatan tersebut, MALENG BAOLANG, dan Kepala Kantor Departemen Kabupaten Ngada, VICTOR LADO.

Sebenarnya, sejak tahun Anggaran 1984/1985 Pengadilan Agama Bajawa sudah menerima DIP Nomor: 09/XXV/3/1984, dengan jumlah dana sebesar 33.350.000. Dana sejumlah ini diperuntukkan bagi pengadaan tanah seluas 750 M2 dengan biaya Rp. 2.250.000. Konstruksi dan Pemagaran Keliling sebesar Rp. 28.800.000. Meubeler sebesar Dua Juta Lima Ratus Ribu Rupiah, dan pelelangan sebesar Lima Pulu Ribu Rupiah.

Pada masa ini usia DIP selama tiga tahun. Artinya, kalau DIP untuk Pembangunan Balai Sidang Pengadilan Agama Bajawa (PBSPAB) itu Tahun Anggaran 1984/1985, baru akan berakhir masa lakunya pada akhir Maret 1986 belum dilaksanakan, Tetapi secara tiba-tiba Pemerintah mengeluarkan kebijaksanaan bahwa DIP-DIP yang pada akhir maret 1986 belum dilaksanakan,akan ditarik, dan menjadi SIAP. Akan halnya DIP untuk Proyek PBSPAB ini, terkena penerapan kebijaksanaan tersebut.Sampai pada akhir matinya DIP ini, baru dapat dilaksanakan oleh pimpinan Bagian Proyek (PIMBAGPRO) nya adalah Pengadaan tanah, meubelair, dan pelelangan.

Pelelangan sudah berlangsung, tetapi belum sempat dilaksanakan hasil pelelangannya itu, waktu yang ditentukan oleh Kebijaksanaan Pemerintah itu sudah tiba. Pelelangan itu sendiri memang berlangsungnya sudah agak mepet waktu. Tepatnya pada bulan Januari 1986. Maksud semula adalah untuk mengejar waktu akhir sesuai dengan ketentuan Kebijaksanaan Pemerintah itu,tetapi ternyata gagal total. Sebabnya adalah, di saat-saat Proyek ini memerlukan kebijaksanaan Lokal dan Pintas, Pimbagpro dan Kontraktor tidak berada di tempat. Mereka sedang sibuk dengan tugasnya masing-masing.

 Pengadaan tanah seluas 750 M2 sesuai ketentuan DIP, tidak dapat dipenuhi. Apa alasannya, Wallahu A’alam. Yang berhasil diwujudkan adalah seluas 600 M2, terletak di desa Faobata, Kecamatan Bajawa. Pengadaan tanah ini cukup rumit, dan ini terbukti di saat proyek ini akan di laksanakan. Inilah salah satu hambatan yang nampaknya menjadi kendala bagi pelaksanaan Proyek PBSPAB saat itu. Selain itu juga, masih ada faktor lainnya sebagai penyebab kegagalan pelaksanaan Proyek itu.

Penyebab mana adalah bahwa Pimbagpronya dijabat oleh Moh. Shaleh DM, Kasi Kelembagaan pada Kantor Dep. Agama Kabupaten Ngada. Kedua Pejabat ini cukup sibuk dengan tugas-tugas dinasnya, sehinggah perhatiannya terhadap pelaksanaan Proyek ini agak sedikit terganggu. Konsultan/Designernya di Kupang. Sedangkan jarak antara Bajawa- Kupang cukup jauh, serta komunikasi relative sulit, dan biaya perjalanan tidak tersedia. Jadi kalau ada sesuatu yang akan dikonsultasikan mengenai pelaksanaan proyek ini oleh Pimbagpro kepada Konsultan/Designer, jelas agak sulit.

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Bajawa

Alamat: Jl. Patimura, Faobata, Bajawa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur

Telepon: 0384 21272

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

map   Google Maps 

  

Sosial Media Kami

wa   Whatsapp

Fb logo   Facebook

Instagram logo   Instagram

Youtube logo   Youtube

 

 

Pengadilan Agama Bajawa @2022